4 Tips Jitu Untuk Mempertahankan Bisnis Laundry Rumahan

Sebuah bisnis laundry rumahan memang memberikan keuntungan yang maksimal bagi setiap orang yang menjalankannya. Namun tidak bisa dipungkiri bila pesaing dengan jenis bisnis yang yang sama semakin berkembang sehingga diperlukan beberapa tips jitu untuk bisa mempertahankan keeksistensian dari bisnis yang Anda miliki.

Mempertahankan Eksistensi Bisnis Laundry Rumahan

Untuk bisa terus bersaing dengan banyaknya bisnis laundry rumahan yang semakin menajmur di kalangan masyarakat, diperlukan beberapa tips jitu berikut ini:

  • Memberikan bonus

Apabila Anda menginginkan bisnis laundry yang Anda miliki semakin berkembang dan prospeknya akan semakin baik, maka berikanlah bonus pada pelanggan setia Anda sehingga mereka tidak beralih kepada laundry lainnya. Sebagai contoh Anda bisa memberikan satu kali laundry gratis setelah 10 kali pencucian dengan pemberian kupon yang bisa Anda stempel setiap kali pelanggan melakukan laundry di tempat Anda. Hal ini bisa membuat pelanggan merasa terapresiasi karena sudah memilih laundry yang tepat.

  • Layanan antar jemput kapan saja

Keprofesionalitasan sebuah usaha laundry yang Anda miliki dipertaruhkan apabila Anda bisa memaksimalkan sebuah pelayanan untuk bisa memuaskan pelanggan. Cobalah untuk membuat promosi dengan melakukan layanan antar jemput kapan saja dengan cepat baik pagi, siang, sore ataupun malam hari sehingga pelanggan akan merasa puas karena telah melaundry pakaian di tempat Anda. Cobalah untuk tidak mengenakan biaya anatr jemput pakaian walaupun rumah pelanggan sedikit lebih jauh sehingga Anda bisa memperoleh banyak kepercayaan dari masyarakat.

  • Mencari tahu harga pesaing

Untuk bisa menarik minat banyak pelanggan dengan jumlah konsumen yang meningkat, maka Anda perlu mengetahui harga jual pesaing di sekitar wilayah Anda. Cobalah untuk membandingkan harga dari satu laundry dengan yang lainnya sehingga Anda bisa menentukan dengan tepat harga setiap kilo baju yang harus Anda laundry sehingga harga yang ditetapkan tersebut tidak terlalu tinggi untuk semua kalangan masyarakat dan juga Anda tetap mendapatkan keuntungan dari harga yang ditetapkan tersebut. Selain itu, Anda juga harus bisa melihat celah potensi dari kelemahan pesaing dan manfaatkanlah hal tersebut untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki.

  • Menggunakan bahan yang ramah lingkungan

bisnis laundry rumahanSeperti yang banyak Anda ketahui bahwa bisnis laundry memiliki limbah yang tidak ramah lingkungan sehingga bisa mencemari wilayah sekitar. Penggunaan bahan kimia yang terlalu banyak dan keras juga bisa membuat pakaian menjadi kasar, tidak lembut dan juga serat pakaiannya mudah rusak. Anda bisa meningkatkan kualitas bisnis laundry yang Anda miliki dengan cara menggunakan deterjen atau pewangi yang ramah lingkungan atau eco friendly sehingga hasil pencucian lebih maksimal, tidak merusak serat kain dan juga tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Dengan mengaplikasikan beberapa tips jitu dalam mengelola bisnis laundry rumahan tersebut, maka diharapkan bisnis serupa yang Anda miliki bisa berjalan dengan lancar dan sukses di tengah persaingan usaha laundry yang ikut meningkat.