Berapa Modal Usaha Laundry?

Usaha laundry atau binatu semakin berkembang, terlebih di lokasi perantauan. Bagi yang ingin membuka usaha yang sama tentu ingin mengetahui berapa modal usaha laundry yang harus dikeluarkan sehingga bisa menjalankan bisnis tersebut. Maka kali ini akan dibahas bagaimana biaya dan potensi dari bisnis yang satu ini secara lebih mendetail. Untuk kawasan dekat kampus, kos kosan mahasiswa dan perkantoran, usaha laundry terbilang sangatlah ramai karena banyak yang menjadikan jasa laundry sebagai salah satu gaya hidup dengan banyak alasan, juga tipe mahasiswa dan karyawan yang terlalu sibuk, dan ingin selalu praktis dalam hal mencuci.

 Analisis Berapa Modal Usaha Laundry

berapa modal usaha laundrySebelum bertanya mengenai berapa modal usaha laundrymaka perlu diketahui bahwa laundry kiloan biasanya bukan hanya menyediakan jasa untuk membersihkan baju dan mencucinya, akan tetapi juga menyetrika dan memberikan harga sesuai dengan berat dari pakaian yang dilaundry tersebut. Untuk kisaran harga dari satu tempat akan berbeda dengan tempat yang lain tergantung kepada bagaimana fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Keuntungan yang akan didapatkan dari usaha jenis laundry sebenarnya termasuk ke dalam kategori cepat kembali modal apalagi jika banyak pelanggan yang melakukan laundry di tempat tersebut.

Untuk persentasi potensi keuntungan yang akan didapatkan dari berapa modal usaha laundry adalah bisa dilihat berdasarkan sumbernya. Sekitar 50% pelanggan yang menggunakan jasa laundry adalah mahasiswa atau mahasiswi. Selain itu, pelanggan yang paling banyak kedua adalah pekerja dan ibu rumah tangga. Lainnya hanya pelanggan selewat yang membutuhkan jasa laundry. Maka adalah hal yang pantas jika jasa laundry berdiri di sekitar kampus sehingga akan memaksimalkan penghasilan dan memperbesar keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Selain itu pun mahasiswa yang tidak akan pernah habis menjadi target pasar yang baik.

Modal yang digunakan untuk usaha laundry tidak terlalu besar, juga tidak membutuhkan tempat yang luas sehingga banyak yang memulai usaha di rumah dengan modal yang sedikit saja. Hal tersebut pun menjadi kelebihan dari usaha laundry kiloan sehingga sampai saat ini semakin banyak orang yang memulai usaha laundry kiloan karena tergiur dengan keuntungan yang akan didapatkan dengan modal usaha yang minimal.

Untuk perkiraan, modal yang akan dikeluarkan adalah sekitar Rp 5 juta dengan rincian untuk penyediaan:

∙       Spanduk

∙       Tag gun, pin, dan kain keras

∙       Sikat baju, spray, selang, alas mencuci

∙       Ember besar, hanger, jepitan baju

∙       Tali raffia, paku, rak besi

∙       Timbangan

∙       Gaji karyawan

∙       Plastik, setrika, mesin cuci, pengering, deterjen, pewangi

Selain hal yang disebutkan di atas, hal lainnya yang mencakup ke dalam berapa modal usaha laundry diantaranya peralatan administrative berupa alat tulis, nota dan buku laporan. Disediakan juga dispenser selotip, isi staples, selotipnya sendiri dan peralatan lain yang akan memudahkan proses pengemasan pakaian yang sudah siap pakai.