Keuntungan Berlipat untuk Modal Awal Bisnis Laundry Murah

Ibarat kata, selama ada orang memakai baju, artinya ada baju kotor, dan sebanyak itu peluang bisnis laundry. Bisnis ini sudah menjamur dimana-mana bahkan tidak hanya di lingkungan perkotaan atau perumahan saja tetapi juga di kampung-kampung. Modal awal bisnis laundry yang murah, hanya sekitar 4 juta atau tepatnya Rp 3.950.000 dengan mendapatkan paket peralatan dan semua bahan lengkap juga menjadi daya tarik bagi mereka yang berani memulai berwirausaha.

3 Tips Ampuh Meningkatkan Keuntungan Dari Modal Awal Bisnis Laundry

Hal terpenting dari membuka usaha laundry adalah tentu modal awal bisnis laundry. Setelah itu, kemampuan karyawan untuk menjalankan bisnis ini. Ingat, bisnis ini adalah menjual jasa, oleh sebab itu modal atau biaya produksi sangat sedikit namun karyawan akan merasa kecapean yang luar biasa terutama dalam hal menyetrika. Jadi, menejemen karyawan sangat penting di bisnis ini.

Menejemen Karyawan

Modal awal dari bisnis ini memang murah, oleh sebab itu biasanya pemilik laundry akan mempekerjakan beberapa karyawan. Itu karena bisnis ini tidak mungkin dijalankan seorang diri terutama jika orderan cucian menumpuk. Bisnis ini membutuhkan menejemen karyawan yang baik sehingga tenaga karyawan tidak dipaksa habis. Bisa dengan berbagi tugas atau gantian terutama urusan menyetrika, bisa dengan shift dan lain-lain.

Berani mendobrak pasar

Jika Anda ingin modal awal bisnis laundry cepat kembali, maka Anda harus berani mendobrak pasar. Jika Anda hanya menunggu pasar datang, ini sangat tidak efektif dan efisien. Anda perlu menjemput pasar. Berikan layanan antar jemput gratis atau dengan fee murah, kerja sama dengan anak-anak kost, asrama atau jika memungkinkan dengan restaurant dan rumah sakit termasuk bengkel dan lain-lain.

Berikan layanan prima bertanggungjawab

Ini yang jarang dimiliki oleh pelaku usaha laundry. Jangan hanya karena modal awal yang murah dan cepat balik modal, kemudian layanan yang diberikan seadanya. Berikan layanan prima dengan hasil cucian bersih, wangi, rapi serta bertanggungjawab ketika ada kesalahan seperti baju terbakar setrika, robek saat dicuci dan lain sebagainya.

Berikan harga diskon dan bonus

modal awal bisnis laundryJika sebuah swalayan mampu memberikan harga diskon dan bonus, maka usaha laundry juga bisa. Tentu, setelah Anda melihat keuntungan bisa menutupi modal awal bahkan lebih, berikan fasilitas diskon dan bonus gratis cuci untuk pelanggan setia yang mengumpulkan nota. Ini akan meningkatkan jumlah pelanggan.

Lakukan tips diatas disertai dengan pengembangan menejemen karyawan dan pasar. Ingat, peluang bisnis ini sangat besar dan persaingan juga sangat ketat. Anda bisa melihat dalam satu komplek perumahan bisa berdiri 2, 3 bahkan sampai 5 laundry yang menawarkan jasanya. Menejemen pasar yang bagus akan meningkatkan keuntungan tidak hanya untuk menutupi modal awal bisnis laundry.