Analisa Usaha Laundry Kiloan Di Daerah Perkotaan

Usaha laundry merupakan salah satu usaha rumahan yang sudah menunjukkan perkembangan yang begitu pesat, yang sebelumnya hanya dilakukan oleh para kalangan elit, namun dengan seiring waktu usaha laundry ini sudah banyak dilakukan oleh menengah kebawah terutama bagi mahasiswa dan ibu rumah tangga. Selain perubahan pada pelakunya, saat ini lokasinya juga sudah banyak dilakukan dipedesaan karena melihat peluangnya yang sangat menguntungkan dan masih banyak yang membutuhkan jasa laundry.

Analisa usaha laundry kiloanSelain dari faktor peluang dengan banyaknya orang yang membutuhkan jasa laundry, jika di lihat dari analisa usaha laundry kiloan hasilnya sangat menguntungkan dan bisa meningkatkan perekonomian seseorang. Saat ini juga banyak orang yang mementingkan karirnya sehingga mereka jarang bisa melakukan kegiatan rumahan seperti mencuci baju harian atau baju kerja mereka, selain itu juga mereka sudah merasa lelah setelah bekerja dan menginginkan yang instan saja. Dengan analisa usaha laundry kiloan ini membuat seseorang yang sebelumnya masih ragu-ragu untuk memulai usaha laundry menjadi lebih semangat dan memulai usahanya.

Pasalnya dalam usaha laundry ini tidak hanya mempunyai modal besar saja, namun lokasi yang akan ditempati untuk usaha juga diperhatikan agar usaha laundry anda tetap ramai. Selain itu para wirausahawan yang masih pemula harus memiliki analisa usaha laundry kiloan agar mereka memiliki tujuan yang terperinci dan target hasil yang akan dicapainya tersebut. Namun bagi anda yang masih bingung dalam membuat analisa usaha laundry kiloan tersebut, jangan bingung terlebih dahulu pasalnya disini akan diulas semuanya tentang usaha laundry yang lebih menguntungkan.

Analisa Usaha Laundry Kiloan

Terkadang seseorang yang sudah memiliki niat untuk membuka usaha laundry namun mereka masih bingung modal yang harus dikeluarkan untuk membeli peralatannya dan keuntungan yang akan mereka dapatkan. Hal tersebut sangat perlu untuk diperhatikan karena anda harus memiliki target dimana modal yang dikeluarkan ini akan kembali dalam hitungan bulan atau tahun. Dengan begitu anda harus memiliki analisa usaha laundry kiloan sebagai berikut.

Pertama anda harus mengetahui berapa biaya operasionalnya dengan terperinci.

  1. Biaya listrik                                         : Rp.    300.000
  2. Penyetrika / kg Rp. 1000 x 1350kg    : Rp. 1.400.000
  3. Detergen dan pewangi                       : Rp.    700.000
  4. Karyawan cuci                                    : Rp.    700.000
  5. Lain-lain                                             : Rp.    150.000

Total                                                      : Rp.  3.250.000

Sedangkan untuk penghasilan bersih jika dalam sehari anda mendapat 45kg maka pengasilan kotor dalam sebulan 45 x Rp. 5.000 x 30 hari = Rp. 6.750.000 dengan begitu bisa dihitung penghasilan bersih dalam sebulan dengan penghasilan kotor dikurangi biaya bulanan yakni,

Rp. 6.750.000 – Rp. 3.250.000        : Rp. 3.500.000

Dalam perincian tersebut belum termasuk dalam biaya peralatan yang bukan termasuk dalam biaya bulanan. Namun untuk modal tetap seperti mesin laundry yang untuk pemula anda bisa menggunakan yang sederhana dengan mesin laundry dua tabung sekitar harga Rp. 2.500.000,-.

Dengan memiliki sebuah analisa usaha laundry kiloan anda akan aman dari biaya lain-lain yang bisa membengkakan biaya operasional. Nah, semoga ulasan terkait usaha laundry bermanfaat bagi anda yang akan memulai usaha laundry.