Argya Laundry - Pusat Laundry Jakarta Pusat
WA : 0811-938-415

Tak sadar warna karpet jadi pudar? inilah tips mengembalikan warna karpet

Salah satu elemen dekorasi penting yang menambah estetika didalam ruangan adalah karpet. Dimana keberadaanya yang dapat membuat nyaman seluruh penghuni rumah sebagai tempat bermain anak maupun sekadar bertamu dan mengobrol santai. Tetapi karpet sebenarnya rentan dengan debu dan kotoran jika tidak dibersihkan. Sehingga mengakibatkan penutup lantai warna ini seiring berjalannya waktu akan pudar.

 

Karpet semua jenis memang harus sering dibersihkan Karpet yang kotor juga bisa menyebabkan penyakit bahkan menyebabkan alergi. Namun, biasanya jika lama sudah tidak digunakan, warna dapat memudar dan akan menjadi kusam. Tentu saja Anda tidak ingin warna karpet kesayangan Anda memudar. Selain itu, noda yang menumpuk pada karpet menjadi penyebab warna karpet Anda memudar. Biasanya jika sudah terjadi hal seperti ini karpet akan kehilangan keindahannya dan kegunaannya sebagai penambah estetika di dalam ruangan rumah. Faktor penyebab kedua karena karpet terbuat dari kain yang membuatnya mudah menyerap air, kotoran, minyak, dan tumpahan sisa-sisa bahan makanan di sekitar karpet. Anda juga harus memindahkan posisi karpet secara seminggu atau sebulan. Dengan cara ini agar warna karpet tidak memudar pada bagiannya

Tak sadar warna karpet jadi pudar? inilah tips mengembalikan warna karpet

Namun Anda juga harus mengetahui untuk perawatan karpet dengan maksimal Anda cukup mencuci karpet setiap 10-12 bulan sekali. Selain itu prosesnya harus dilakukan secara sungguh-sungguh.

Banyak orang akhirnya memutuskan untuk membuang karpet yang sudah kondisi buruk tanpa mengetahui cara memperbaiki kondisinya. 

Inilah tips mengembalikan warna karpet adalah sebagai berikut.

 

Langkah Awal

Sebelum membersihkan karpet, Anda memerlukan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Sebenarnya alat untuk mencuci karpet hampir sama ketika Anda mencuci baju. Anda juga membutuhkan cairan pelembut kain dan deterjen khusus pembersih karpet. Selain itu, Anda juga memerlukan selang dengan tekanan yang kuat.

 

Langkah Kedua

Proses pembersihan karpet pertama-tama pastikanlah karpet sudah dibersihkan dari debu yang menempel, agar pencuciannya semakin bersih dan jauh lebih mudah. Karena itu Anda perlu bantuan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet. Setelah itu, siramkan air bersih ke permukaan karpet untuk membersihkannya. Gosok dengan sikat pembersih yang halus dan tuangkan cairan pembersih keseluruh karpet. Oleskan semua cairan pembersih pada semua bagian karpet agar karpet tetap lembut di kaki. Setelah itu, bilas dengan air bersih lagi.

 

Langkah Ketiga

Untuk menjemur karpet telah selesai dilakukan, Anda bisa membawa karpet ke luar ruangan atau di teras. Anda sebisa mungkin jangan menjemur dibawah terik sinar matahari langsung karena bisa merusak warna dan kainnya. Penjemuran hanya lakukan di teras rumah atau di tempat teduh dan menjemurnya harus kondisi karpet sampai benar-benar kering.

Itulah tiga tips cara mengembalikan warna karpet. Selain menjaga kecerahan warna karpet ada hal yang tidak bisa disepelekan dalam membersihkan karpet. Yuk coba langkah mudah berikut ini

Garam menjadi bahan utama pada sebuah masakan. Selain itu, garam ternyata juga mempunyai manfaat yang lainnya. Seperti membersihkan karpet dengan efektif karena garam bersifat abrasif yang dapat menyerap dengan sendirinya. Dibawah ini ada dua cara mengembalikan warna karpet dengan garam dapur.

 

Garam

Campurkan teh halus dengan garam, setelah itu aduk sampai halus. Kemudian oleskan campuran tersebut di atas karpet secara merata. Diamkan selama satu jam, lalu sikat dengan air bersih dengan cara yang lembut dan berhati hati sampai bersih

 

Cuka Dan Air

Untuk menyikat karpet yang kusam Anda bisa membutuhkan campuran cuka dan air dengan perbandingan sepuluh banding satu. Lalu celupkan spons atau sikat halus ke dalam cairan cuka, kemudian gosokkan pada permukaan karpet. Lalu celupkan spons atau sikat halus kedalam air bersih dan sikat kembali sampai karpet bersih. Dan jangan lupa jemur sampai kering.

 

Baking Soda

Baking soda juga bisa menghilangkan bau pada karpet. Caranya taburkan pada karpet yang basah ke seluruh permukaan karpet secara acak dan tunggu sampai satu jam kemudian sikat dan bilas karpet menggunakan air bersih secara perlahan.

Kini Anda bisa melihat karpet cerah kembali dan tidak perlu kehilangan karpet kesayangan. Untuk perawatan selanjutnya kamu bisa menggunakan cara diatas ini secara rutin.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hai, Hubungi Kami Lewat sini ya!